Sabtu, 02 November 2013

JENIS-JENIS BUNGA MAWAR


   

JENIS-JENIS BUNGA MAWAR 
Jenis-jenis bunga mawar sangatlah banyak. Jenis-jenis bunga mawar ini tidak semua kita jumpai didaerah kita masing-masing. Sebab, syarat tumbuhnya tergantung dari kondisi iklim dan ketinggian suatu tempat (dataran rendah/dataran tinggi) Mawar  merupakan  tanaman  tahunan  yang  termasuk genus Rosadan kelas Dicolylodonae. Tanaman ini merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang  popular dan sudah sejak lama dibudidayakan serta diusahakan di Indonesia karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Berdasarkan kegunaannya bunga mawar
dapat  dikelompokkan  menjadi  beberapa  kelompok antara  lain:  mawar  tabur  yang  biasa  disuling  karena diambil minyak atsirinya, bunga hias atau bunga potong dan mawar pot atau mawar taman. Bunga mawar sebagai bunga potong umumnya ditanam di ekoregion dataran tinggi.
  

Selain itu, Bunga Mawar dapat tumbuh subur di daerah beriklim sedang.Mawar juga memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai. Bunga mawar sering dijadikan objek lukisan  oleh banyak pelukis, pelukis perancis yang bernama Pierre Joseph Redoute" terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.

Di Indonesia terdapat beberapa macam bunga mawar yang kerap kita jumpai ditoko bunga. Adapun Jenis-Jenis bunga mawar yang kerap kita jumpai adalah : 


Wild rose/mawar liar,  mawar jenis ini  berbentuk sederhana,umumnya lebih cepat berkembang serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi dari hama penyakit dibanding mawar lainnya. Hal ini merupakan yang menjadi keunggulan mawar ini. Untuk itu Jenis mawar ini biasanya digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar. 

Old garden Roses, jenis  ini adalah hasil persilangan yang diperkenalkan oleh Hybrid Tea tahun 1867. Bentuk bunga mawar ini sangat unik dan berbau harum, untuk jenis jenis mawar old garden Roses sangat banyak sekali, diantaranya Alba, Gallica, Damask, Centifolia, moss, China, Portland, Bourbon, Hybrid Perpetual, Tea, Bermuda "Mysterious" Rose, 

Climbing Roses dikenal dengan mawar memanjat  artinya, mawar ini merambat dipagar atau dinding bangunan pagar. 

Shrub Rose disebut dengan mawar semak jenis mawar ini adalah semi memanjat, merambat pada pagar dan bangunan, mawar jeni ini lebih mekar lama.

Modern Garden Roses merupakan mawar keturunan Old garden dan bentuknya sangat beragam.

Buck Roses, merupakan jenis mawar penemuan Seorang ilmuan Profesor Griffith Buch (ahli hortikultura dari lowe state University), bunga mawar ini tahan terhadap penyakit dan keganasan musim dingin 

English Rose merupakan mawar hasil persilangan  antara bunga mawar old garden dan mawar modern, bunga lebih  ini berbau harum dan mampu berbunga berulang-ulang. Mungkin ada beberapa jenis bunga mawar  yang tidak dicantumkan disini.
Bunga mawar yang dikenal sebagai jenis jenis tanaman hias yang bagus untuk dijadikan tanaman yang indah dipandang mata khasiat bunga mawar juga diyakini mampu untuk mengobati berbagai jenis  penyakit seperti layaknya kumis kucing. Selain itu bunga mawar sebagai penambah nilai estetik  halaman terbuka (out doors).
Memprindah  ruang tamu ataupun koridor, sebagai bunga tabur pada upacara kenegaraan atau tradisi ritual dan diekstraksi minyaknya sebagai bahan parfum atau obat-obatan (pada skala penelitian di Puslitbangtri)

(sumber:http://pagemenu.blogspot.com/2013/09/jenis-jenis-bunga-mawar.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar